MBAH TOHARI'S FAMILY

Komunitas Keluaraga Eyang Anom Sari

Sabtu, 26 Januari 2019

Spiritual Alam Semesta

Pertikaian antar umat Islam karena faktor politik dan perebutan kekuasaan ini terus berlangsung. 

Muncullah masyarakat yang bereaksi terhadap hal ini. 

Mereka menganggap bahwa politik dan kekuasaan merupakan wilayah yang kotor dan busuk. 

Mereka melakukan gerakan uzlah yaitu:
Menarik diri dari hingar-bingar masalah duniawi yang sering kali menipu dan menjerumuskan.

Sisi psikologis (bathin) yang terdapat dalam ajaran-ajaran Kristen, Budha, dll sebaiknya tidak menafikan keberadaan Spiritual sebagai sisi psikologis (bathin) dalam ajaran Islam. 

Hal ini karena Islam adalah ajaran penyempurnaan sehingga tidak harus sepenuhnya baru dari ajaran-ajaran yang terdahulu. 
Adanya sisi bathin dalam ajaran-ajaran yang sebelumnya ada malahan memperkuat status Spiritual karena tentunya harus Ada Garis Merah antara agama-agama yang besar, karena kemungkinan besar ajaran-ajaran tersebut dulunya sempat benar, sehingga masih ada sisa-sisa kebenaran yang mirip dengan Spiritual sebagai sisi bathin (psikologis) dari ajaran Islam.
Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain ALLAH adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.(Quran, 29:41)
Dalam Spiritual, yang dimaksud pelindung dalam ayat ini juga termasuk pelindung secara psikologis, sebagaimana kita ketahui manusia banyak menggantungkan keberhargaan dirinya kepada dunia (seperti harta, jabatan, pasangan, teman, dll). 

Dalam Spiritual, keberhargaan diri hanya boleh digantungkan kepada ALLAH. 

Karena jika memang mereka percaya ALLAH adalah yang paling kuat dan berharga, maka menggantungkan kepada selain ALLAH adalah taghut (sesembahan). 

Inilah kenapa dalam Spiritualis, seorang Spiritualis (penempuh Spiritual) harus bisa menjadikan ALLAH sebagai satu-satunya sumber kekuatan dan penghargaan dirinya. 

Dalam istilah lain, Spiritual adalah
Ajaran untuk mencapai Tauhid secara bathin (psikologis).

Sikilas Babat Dalem Majapahit

Babad Dalem Majapahit- Diceritakan Ida Pandita Hindu yang bergelar Usman Aji dan Ajisaka diutus oleh Ratu Hindu yang bernama Raja Ista...